Pengikut

Selasa, 30 Oktober 2012

Memperbaiki Folder Yang Terkena Virus Shorcut



Bukan sekali ini saja sih flashdisk saya terkenavirus shortcut, tapi kali ini saya kerepotan soalnya ada folder berisi data penting yang berubah jadi shortcut. Maka saya cari-cari di internet dan ternyata sudah banyak yang membahas tentang masalah ini.

Setelah baca-baca di internet ternyata penjahat yang satu ini adalah virus yang bernamawin32.VB.pod. Biasanya dia menyerang Folder sehingga berubah menjadi shorcut atau file Microsoft Word (.doc) berubah menjadi application (.exe)

Seharusnya lebih tepatnya judul posting ini "Mengembalikan" bukan "Memperbaiki", tapi sengaja saya beri judul seperti itu karena bagi yang belum mengerti, pastinya kita menyangka kalau file atau folder kita dirusak ole virus shortcut tersebut. Padahal sebenarnya File atau Folder asli kita cuman di-hidden dan file-file virus tersebut merupakan file baru yang namanya sama dengan aslinya.  

Nah... jika di hidden berarti bisa di un-hidde dan untuk mengatasinya silahkan ikuti cara di bawah ini :

Catatan : "Jalankan cara di bawah ini pada komputer yang di pasang anti virus yang bisa mendeteksi virus shortcut (seperti Avast 7, AVG, Avira 2012, Kaspersky, dll). Ketika flash disk dimasukkan pastinya virus terdeteksi oleh anti virus, masukan saja dulu ke karantina stetelah file/folder kita telah kembali, hapuslah shortcut yang ada di flashdisk dan virus yang berada pada karantina anti virus"
Klik kanan pada drive flashdisk anda, lalu pilih Properties
Bandingkan kapasitas Free Space dan Used Space, jika Used Space lebih besar daripada Free Space tetapi file yang ada dalam flashdisk tidak sebanyak itu maka berbangga hatilah karena kemungkinan besar ada file anda yang di hidden, tetapi jika sebaliknya atau bahkan flashdisk anda kosong berarti file anda hilang semua dan itu tidak bisa dikembalikan (kecuali menggunakan software file recover, tapi itu tidak menjanjikan karena belum dicoba) 
 Jika file anda masih ada atau di hidden oleh virus win32.VB.pod, maka lakukan langkah berikut ini :

Masuk ke Command Prompt dengan cara klik Start lalu pilih Run kemudian dalam kotak run isi dengan CMD kemudian enter
Setelah jendela Command Prompt keluar maka selanjutnya anda tinggal ketikkan drive flashdisk anda diikuti dengan tanda : (titik dua), misalnya drive flashdisk anda E maka anda ketikkan E: lalu tekan enter, atau jika F maka F:  dan seterusnya.
Kini anda berada di dalam drive flashdisk anda, kemudian anda ketik dir lalu tekan enter terus lihat hasilnya apakah sudah muncul atau belum file/folder yang anda cari?
Apabila file yang anda maksud belum ada, silahkan anda ketikkan dir/a ataudir /a kemudian tekan enter kembali lihatlah apakah file atau folder anda sekarang sudah terlihat?
Jika sudah terlihat maka langkah selanjutnya adalah ketiklah: attrib –s –h –r /s /d (ingat…!!! ketik persis seperti disamping jangan lupa spasinya juga) tunggu beberapa detik setelah muncul drive flashdisk pada jendela Command Prompt anda misalnya E:> maka proses pengembalian file atau folder telah selesai.
Terakhir masuk ke Windows Explorer lalu lihat isi flashdisk anda, maka Insya Allah file beserta folder dalam flashdisk anda sekarang telah kembali.


Cara Memperbaiki FlashDisk yang Terkena Virus
Flash disk adalah salah satu media tempat penyimpanan data yang bersifat portable alias bisa dibawa kemana-mana. Cara penggunaannyapun sangat simple, tinggal dicolok ke PC/Laptop dan PC maka drivernya akan otomatis terbaca oleh PC.

Karena saking mudah dan simpelnya penggunaan alat penyimpanan ini, sehingga banyak orang cenderung memilih media penyimpanan ini sebagai  pilihan utama untuk menyimpan datanya. Akan tetapi perlu diingat bahwa, flash disk juga sangat rentan terhadap serangan virus apabila kita tidak hati-hati dalam memakainya, yang lebih ditakutkan lagi bila flash disk yang terserang, rusak akibat serangan virus itu sendiri.

Dalam hal ini yang saya maksudkan adalah serangan dari virusTrojan win32.VB.pod. cara kerja dari virus ini adalah dengan menghidden atau menyembunyikan file asli kita dan menampilkan file duplikatnya dalam format .exe. Itu semata-mata agar kita terkecoh untuk meng-klik file duplikat tersebut, dan alhasil penyebaran trojan win32.vb.pod  ini semakin menjadi-jadi. Pengalaman saya sewaktu flash disk terserang jenis virus ini, nama file ini biasanya ‘XXX’ atau bisa apa saja,tapi yang pasti dia berekstensi .exe, dan file/ folder saya sudah di hidden olehnya. Setelah saya melakukan scaning dengan smadav,(hehe maklum anti virus di PC pada waktu itu hanya smadav doang,,.), smadav mendeksi virus ini, dan dipindahkan di karantinanya,, tapi anehnya setelah flash disk di colokkan kembali, smadav masih mendeteksi virus yang sama tadi ada di flash saya,,jadinya saya stres dengan ulah virus ini,,:-)

Baiklah langkah-langkah dalam mengembalikan file/folder yang dihidden virus trojan win32.VB.pod adalah:
1.       Klik kanan pada drive flash disk anda, lalu pilih properties.
2.       Bandingkan kapasitas free dan used space, jika used space lebih besar daripada free space, tetapi file yang ada dalam flash disk tidak sebanyak itu, maka ada file anda yang terhidden.
Jika file anda masih ada atau dihidden oleh trojan ini maka lakukan langkah-langkah berikut: 
Masuk ke Comand Prompt dengan cara klik Start lalu pulih ‘Run’ kemudian dalam kotak run ketik “CMD” (tanpa tanda petik)
Setelah jendela Comand Prompt keluar,ketikkan drive flashdisk anda diikuti dengan : (titik dua), contoh flashdisk anda di drive E, maka and ketik E: lalu tekan enter.
Sekarang anda berada di dalam drive flashdisk anda, kemudian anda ketikkan “ c” (tanpa tanda petik) kemudian tekan enter dan lihat hasilnya sudah muncul file yang anda cari? Jika belum maka ketikkan “dir/a”  kemudian tekan enterkembali lihatlah apakah file atau folder anda sudah terlihat?
Bila sudah terlihat, maka selanjutnya adalah mengetikkan:“attrib-s-h-r/s/d” (tanpa tanda petik), tunggu beberapa detik setelah muncul drive flashdisk pada jendela Comand Prompt anda misalnya E:> maka proses pengembalian file atau folder selesai.
     KETERANGAN:
attrib adalah string untuk memulai merubah attribut pada Comand Prompt.
-s adalah untuk menghilangkan atribut system file.
-r adalah untuk menghilangkan atribut Read Only File.
/s adalah untuk Sub Directory
/d adalah untuk Directory.
dir adalah untuk melihat isi dari sebuah ditectory
dir/a adalah untuk melihat isi dari sebuah directory beserta atribut filenya (berfungsi juga untuk menampilkan ile hidden).
Demikian cara mengembalikan file yang dihidden virus trojantrojan.VB.win32.pod.


3 komentar:

  1. tapi tetap aja filenya ga bisa dibuka

    BalasHapus
  2. NB. masuk ke drive c:
    kemudian search recyle
    pilh [recycler] trus del
    kmudian lakukan langkah posting diatas
    smoga berhasil

    BalasHapus